Senin, 07 Desember 2009

Global Warming Indonesia turunkan emisi 25 persen


Pemerintah Indonesia tengah berusaha menurunkan angka tingkat emisi hingga 26 persen. Hal itu sesuai dengan dampak perubahan iklim serta pemanasan global yang semakin dirasakan oleh seluruh jutaan umat di dunia.
Menteri Lingkungan Hidup Gusti Muhammad Hatta mengatakan, tingginya angka emisi disebabkan oleh membludaknya jumlah kendaraan serta industri. Masalah pemanasan global, kata Gusti, juga akan dibahas dalam konferensi Lingkungan di Kopenhagen Denmark pada akhir tahun 2009 mendatang.
"Negara-negara maju sudah diwajibkan untuk menurunkan emisi, tapi kan Indonesia tidak wajib. Tapi dengan sukarela kita akan turunkan 26 persen dengan biaya sendiri, ketentuan emisi memang harus turun 25 sampai 40 persen," katanya kepada wartawan usai acara penanaman pohon di Hutan Kota Universitas Indonesia, Depok, Sabtu (21/11/09).
Pengurangan emisi, kata Gusti, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pemanfaatan lahan kritis, penanaman hutan kembali, serta efisiensi energi. "Misalnya dengan penanaman pohon, serta efisiensi energi terbarukan," ujarnya.
Pengolahan limbah, kata Gusti, bisa juga dijadikan sarana mengurangi emisi. "Emisi karbon berkurang, intinya target kita. Bahkan kita berani akan mengurangi emisi hingga 41 persen," ujarnya.


Sumber : www.infospesial.com

Pengikut

MAPALA UIT Makassar ©Template Blogger Green by Dicas Blogger.

TOPO